History Center

"Jangan pernah sekali-sekali melupakan sejarah"

PELAYARAN BANGSA INGGRIS

Pada tahun 1688 pelaut Inggris yang pertama kali sampai di benua Australia adalah William Dampier.Rombongan ini menggunakan kapal Cygnet.

Rombongan ini mendarat dipantai barat laut dekat Melville Island dan tinggal beberapa minggu untuk istirahat. Selama tinggal ditempat itu mereka tidak menemukakan hal-hal yang yang memberikan keuntungan kepada mereka sebagai bajak laut, sehingga mereka memutuskan untuk kembali keInggris.

Setelah William Dampier kembali ke Inggris, la menerbitkan tulisan tentang pelayaran. Tulisannya itu tepat sekali dengan keinginan pemerintahan Inggris saat itu, karena pemerintah Inggris sedang berusaha untuk mendapatkan daerah di sekitar Indonesia, untuk tidak membiarkan Belanda menguasai keuntungan di wilayah tersebut.
Oleh karena itu pemerintah Inggris terdorong untuk menyelidiki New Holland. Pada tahun 1699 pemerintah Inggris, dalam hal ini angkatan laut Inggris mempercayakan kapal Roebuck di bawah komandan Dampier untuk menyelidiki New Holland. Pada tanggal 6 Agustus 1699 Dampier berhasil mendarat di suatu tempat yang kemudian ia menamakan Shark Bay.

Pada tahun 1769 para ahli astronomi Inggris memperkirakan akan terjadi suatu peristiwa penting yaitu: “Transit Of venus”Royal Society of London. Menghendaki agar dilakukan pengamatan atas peristiwa tersebut karena peristiwa itu hanya dapat diamati dengan baik dari lautan selatan, maka Royal Society Of London meminta kepada angkatan Laut Inggris menyediakan sebuah kapal serta anak buah untuk keperluan tersebut sesuai dengan permintaan. Maka angkatan laut membeli sebuah kapal yang bermuatan 370 ton, kapal ini diberi nama Endeavour Bark. Dalam buku-buku yang mengkisahkan pelayaran Cook hanya dikenal nama endeavour (semula kapal itu bernama Earl of Pembroke), dan pemimpinnya ialah James Cook (Siboro, 1989, him. 23).

Tugas yang diberikan kepada James Cook dalam pelayarannya yaitu:
1. Berlayar ke Tahiti agar “Transit Of Venus ” untuk dapat diamati dengan baik
2. Berusaha melakukan penemuan dipasifik selatan dengan berlayar terus sampai kegaris 40 derajat Lintang Selatan. Dengan kata lain mencari “Terra Australis Incognita “, selain itu tujuan mereka datang ke benua Australia adalah dem mengembangkan ilmu pengetahuan. Daratan luas yang diyakini dekat kutub selatan.
3. Bila tujuan kedua tidak tercapai, maka James Cook bisa melanjutkan menyelidiki New Zealand.

James Cook berangkat dari Inggris tanggal 26 Agustus 1768 dengan tujuan pertama pelayaran Cook ke Tahiti,dimana ia akan melakukan tugasnya yang pertama yaitu mengamati “transit of venus”. Rombongan cook sampai di Tahiti pada bulan April 1769, dan menyaksikan terjadinya “transit of venus” pada permulaan bulan Juni tahun itu juga.

Setelah tugas ini selesai, Cook mulai bergerak untuk melaksanakan tugasnya yang kedua, yaitu mencoba mencari “dataran selatan “. Untuk itu ia berlayar ke arah selatan sampai garis yang telah ditentukan. Namun karena tidak menemukan dataran tersebut dan karena terkena serangan udara dingin, James mundur dan beralih ke tujuan ketiga.

Pada bulan oktober 1967 Cook berhasil menggapai New Zealand, ia mendarat dipantai timur North Island dari sana ia melanjutkan pelayarannya ke utara. Disini ia menyaksikan lagi peristiwa Astronomis lainnya yaitu “Transit of Marcury” ia menggunakan enam bulan untuk mengelilingi Nort Island dan south Island serta berhasil meyakinkan bahwa New Zeland bukan bagian dari darataan luas sebagai mana diduganya.

Pada bulan April 1770 Cook meninggalkan New Zealand menuju van Diemen’s Land Tetapi gagal hal ini dikarenakan cuaca yang kurang mendukung, namun Ia sampai kepantai timur Australia yang belum pernah didatangi oleh orang Eropa, ia mendarat disebuah tempat yang kira-kira perbatasan New South wales dengan Victoria sekarang. Mereka mendarat diteluk yang bernama Stingray Harbour, kini diubah menjadi Botany Bay .

Dari Botany James Cook meneruskan pelayaran melewati ujung Semenanjung York, sebuah pulau yang diberi nama Possesion Island. Untuk dijadikan daerah Inggris kemudian Cook mengganti nama daerah itu menjadi New Wales atau South Wales. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 23 Agustus 1770. Setelah tinggal beberapa hari di Batavia, Cook meneruskan pelayarannya kembali ke Inggris dengan melalui tanjung Pengharapan Baik. Dan mereka tiba di Inggris tanggal 13 Juli 1771 (Siboro, 1989, him. 25).
Penemuan Cook ini sangat berarti. Dimana laporan – laporan mereka tentang daerah New Sout Wales menimbulkan kesan yang sangat berbeda dengan kesan pemimpm VOC, setelah menerima laporan ekspedisi Tasman. Laporan Cook beserta anggota rombongannya yang akhirnya mendorong pemerintah Inggris untuk melakukan kolonisasi disana.

Setelah keberhasilan Cook menernukan benua Australia maka ia mendapat julukan Columbus Australia.

Silahkan Juga download PPT tentang Sejarah Australia sumber dari UPI dibawah ini :

PPT Sejarah Australia

Sumber tulisan: 

http://kamudaponti.blogspot.com/2010/04/penemuan-australia-pelayaran-belanda.html

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 10, 2012 by in Pelayaran Bangsa Inggris, Sejarah Australia.

Top Rated

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: